Lakukan pijat oksitosin untuk perlancar asi

  1. Home
  2. /
  3. Parenting
  4. /
  5. Lakukan pijat oksitosin untuk perlancar asi

Lakukan pijat oksitosin untuk perlancar asi

Posted in : Parenting on by : admin Comments:

Asi memang sangat dibutuhkan untuk asupan pertama bagi anaknya. Namun, tak semua wanita memiliki asi yang lancar. Oleh sebab itu mereka perlu melakukan pijat mandiri untuk melancarkan asi mereka.

“Namanya pijat oksitosin. Pijatan ini merangsang hormon oksitosin atau love hormone (hormon cinta) untuk memproduksi ASI. ASI yang keluar pun banyak,” ujar Konsultan dan Dokter Spesialis Anak, Ariani Dewi Widodo dalam acara “Media Lunch Anmum #MumToMum dalam Rangka Pekan ASI 2018”, di Jakarta, Kamis (2/8/2018).

Area punggung tulang belakang menjadi sasaran pijatan. Selain untuk memperlancar ASI, pijatan juga membuat ibu menyusui hilang stres. Ini memberikan ibu kenyamanan untuk bersiap kembali memberikan ASI buat si kecil.

Cara memijat

pijat 2018 Liputan6.com

Ariani mempraktikkan teknik pijat cara memperlancar asi. Seorang peserta diminta duduk di kursi dengan posisi tubuh menghadap sandaran. Lengan memeluk sandaran kursi. Selanjutnya, si pemijat mulai menekan punggung tulang belakangnya.

“Pertama, cari bagian yang menonjol di punggung, dekat tengkuk. Dari titik yang menonjol, tarik (pijat) dengan jari ke bawah. Lalu tarik kedua jari ke bagian samping kiri-kanan tulang belakang,” Ariani menjelaskan.

Lakukan dengan pasangan

Untuk melakukan pijat oksitosin bisa dibantu oleh siapa saja, tapi Ariani menyarankan, pijat dilakukan pasangan.

“Sebenarnya justru direkomendasikan dilakukan dengan suami. Karena sentuhan pasangan kan beda. Ada sentuhan cinta dari suami,” ungkap Ariani, yang berpraktik di RS Anak dan Bunda Harapan Kita, Jakarta.

Hasil dari pijatan membuat payudara yang sebelumnya tegang mampu melancarkan ASI. Selain dengan melakukan pijatan di punggung, ternyata dengan memompa ASI lebih sering juga bisa membantu untuk memperlancar asi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *